23.8.14

Hello Dinaa

Ada yang bilang, apalah arti sebuah nama?
Bagi gw nama sangatlah berarti, selain menjadi identitas. Dalam Islam nama juga sebagai doa dari orang tua kita, tambahan dari gw nama bisa membentuk kepribadian kita. Yaa itu opini dari gw karena gw mengalaminya..Terlebih nama panggilan, berarti sekali.

Pengalaman gw aja, mungkin banyak yang gak setuju, tapi gw pengen cerita aja, keanehan yang gw alami dengan masalah nama panggilan ini..

Sedari kecil orang-orang memanggil gw Dina. Bahkan sampai kelas 1 SD pun gw gak bisa nulis nama lengkap gw dengan benar, entah kurang satu huruf, nambahin satu huruf, sampai nambahin spasi. Inget banget SD dimarahin ibu gara-gara namain buku lks terus salah nulis nama lengkap gw sendiri -,- kalo diinget-inget lucu juga ya gatau nama sendiri, eittss nama lengkap sendiri!

Lambat laun sudah bisa nulis nama lengkap sendiri dong..
Masalah terjadi ketika waktu itu ada temen baru di SD, dia manggil gw Annisa, iyalah mungkin dia denger ketika dia diabsen, temen-temen gw ketawa sambil bilang "panggil aja Dina, Annisa kebagusan." Gw hanya mengiyakan... Secara personal dia nanya ke gw, "Kenapa kamu dipanggil Dina?" gw cuma jawab "Orang-orang biasa manggil aku gitu" dia bingung "Nama lengkap kamu gak ada dina dinanya, adanya dani" gw jawab "Yaudah terserah kamu mau manggil aku apa" karena gw dulu bingung mau jawab apa yaudah bilang gitu aja, lama kelamaan dia juga manggil gw Dina. Dia adalah orang yang pertama nanya kenapa gw dipanggil Dina. Sebelumnya, orang gak komentar dan tidak mempertanyakan kenapa gw dipanggil Dina. Akhirnya selama gw SD gw dipanggil Dina.

Masa SMP, pada masa ini nama panggilan gw Nisa, tapi beberapa teman dekat manggil gw Dina. Gw lupa asal mulanya gimana. Tapi sebagian besar manggil gw dengan Nisa. Pasti beberapa teman juga mempertanyakan dipanggil Dina. Gw masih belum menjawab dengan jawaban yang pasti -,-
Pas mau SMA, sempet merenungkan. Nanti gw mau dipanggil apa yaa?? Then gw milih Dani, yaa sedikit nama cowok sih, soalnya gw pikir Nisa pasti udah banyak, Dina juga, gw mau nyoba yang baru. Tapi rencana itu gagal karena waktu kelas 10 gw sekelas sama yang nama panggilannya Dani juga, terlebih dia sudah memperkenalkan diri duluan, nama asli dia Indira Yasmine Ramadhani, kata orang waktu SMP panggilan dia Dani. Akhirnya dari pada gw ribet dan bingung ditanya kalo bilang nama panggilan gw Dina, gw memilih dipanggil Nisa. Sama seperti SMP, beberapa orang ada yang manggil gw Dina juga, tapi massanya sedikit lebih banyak. Itupun sekali lagi, hanya teman yang dekat.

Gw penasaran dong, kenapa gw bisa dipanggil Dina. Gw pun menanyakan kepada narasumber yang ahli, yakni Ibu.. Ketika gw nanya, jawabannya pun tidak memuaskan, gak kuat alasannya gitu. Katanya biar mirip sama nama ibu gw yang namanya Rina, jadi 'r' nya diganti 'd'. He?? Terus 'd' itu nama panggilan bokap gw.. Gitulah kata Ibu gw, masih bingung dan gak meyakinkan, dan gw rasa beliau juga gatau pasti alasannya apa *sotau Teruuuus nama Dina dari manaaa?? dari Dani terus huruf vokalnya dibalik?? maybe..

Masa kuliah karena gw bosen, SMP dan SMA dipanggil Nisa. Gw memutuskan di kuliah ini gw mau dipanggil Dina. Okeeeyy awal perkenalan di kelas gw mempublikasikan besar-besaran nama panggilan gw Dina. And then brooo, apa hasilnya masih aja orang-orang manggil gw Nisa, cuma dan hanya satu orang yang manggil gw Dina, itu pun sekali lagi, temen deket. Dan malah temen satu jurusan di kampus, gw bukan dipanggil Dina atau Nisa lagi, tapi Cibi, dan gak sedikit yang manggil itu, gak cewek gak cowo. Ini awal mula dari Regi, si pembuat onar, yang kerjaannya ngerjain gw mulu -,- kalo lo ketemu, pasti lo bakal bilang orang terese deh, nyebelin parah. Dari Cibi itu diplesetkan lagi oleh mereka jadi Chibuy, Chibong, Chingok, dan Cibimarukocan..Hello?? pas gw masuk kuliah kan anisa chibi udah keluar dari cherrybelle keleuuss...
Sebenernya pas kelas 12 juga ada yang manggil gw Cibi, dan pencetusnya Uwo, tapi kan itu dikit yang manggil, paling cuma sekelas yang tahu..
Sekarang malah keulang di perkuliahan.

Okeee, gw gak mempersalahkan sama panggilan cibi, walaupun agak risih, karena anisa cibi kan cantik, nah gw?? manis. wkwkwkwk iyucchh

Yang mau di bahas adalah antara Nisa dan Dina..
Setelah gw merenung..... gw berpikir, gw mengingat-ingat...

Antara Nisa dan Dina tuh beda! Beda jauuuuh malah. Iyalah jelas dari hurufnya. Emm bukan itu maksudnya, Nisa dan Dina itu sama-sama nama panggilan gw. Tapi sifat Nisa dan Dina itu berbeda. Liat aja, waktu SD gw dipanggil Dina, hasilnya? Gw adalah anak periang, pintar (karena SD gw gak terlalu terkenal), terbuka, berani, seru, asik, nyablak dan banyak teman, walau sedikit egois, malah bisa dibilang gaul karena ikut geng yang isinya orang cantik (exc me) dan ganteng (namanya juga SD masih labil, alay, masih geng-geng-an, biar alay gw tetap bangga, itulah perjalanan hidup yang pernah gw jalani), pokoknya termasuk eksislah waktu SD hahaha... Kalo diinget pengen SD teruss aja, masa yang masih lucu-lucu, imut-imut, polos, tanpa beban.
Massa SMP dan SMA gw dipanggil Nisa.. Nisa yang pendiem, kaku, gak asik, gak rame, jaim, penakut, tertutup, pasif, bodoh dan sedikit temen. Apalagi SMP suraam banget, tapi bersyukur bgt malah ketemu sama sahabat-sahabat yang wow bgt, yang masih langgeng sampai sekarang, dan semoga selamanya :) Di SMA gak beda jauh tapi sedikit lebih lumayan. Tapi belum nemu sahabat yang bener-bener wow kaya SMP -,- yang mau percaya dan cerita masalahnya ke gw.

Di kuliahan sedikit yang memanggil gw Nisa, karena pada manggil gw Cibi -,- entah harus senang atau sedih. Tapi gw gak sesuram Nisa yang SMP dan SMA, dan tidak semenyenangkan Dina yang SD. Gw yang sekarang lagi ada di masa transisi. Lebih mikir kalau bersikap. Tapi Nisa masih ada ketika gw di LK yang gw ikuti, dan Dina masih saat gw ada di temen dekat.

Entah mengapa bisa seperti itu, tapi yang jelas gw bukan bermuka dua (?) atau memang beberapa orang seperti itu, emm gatau deh gw belum mencoba mencari. Atau hanya gw yang menggabung-gabungkannya, antara nama dan sifat.

Nama Dina juga gw pakai sebagai nama pena, nama panggilan di jejering sosial atau apa lah yang ada di internet. Untuk menyemangati atau mengata-ngatai diri sendiri pun, gw memakai nama Dina. Contohnya "Lu harus semangat Din", "Din kenapa lu males banget sih?" itu kalimat yang sering gw lontarkan sama diri gw sendiri. Jarang bgt gw pakai nama Nisa.. Gak tau deh sebabnya apa. Mungkin gw lebih nyaman sama nama Dina, atau nama Dina, gw banget. Gak gak tau, masih bingung.

Sekarang kalau ada yang nanya kenapa dipanggil Dina, gw jawab "Biar keren" walau gak tau deh kerennya dari mana dan apa hubungannya. Yaa dari pada gw bingung, dan makin panjang urusannya.


Nyaman sama nama Dinaa...
Padahal Nisa dan Dina nama sejuta umat wkwkwk

Apa harus ganti nama panggilan lain? emm

Tapi terserahlah ya kalian manggil gw apa, asal nama yang baik yaaaa :)
Biar gw jadi pribadi yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar